Gianluigi Donnarumma Dinobatkan Sebagai Kiper Muda Terbaik

Gianluigi Donnarumma, sang penjaga gawang AC Milan tercatat sebagai pemain muda dan paling potensial. Catatan itu berdasarkan data dari CIES Football Obesrvatory. Bahkan, dari daftar 10 besar,  pesepakbola tangguh ini menjadi satu-satunya yang berasal dari Italia. Apa yang menjadi kelebihan Donnarumma?

Gianluigi Donnarumma Dinobatkan Sebagai Kiper Muda Terbaik

Donnarumma Layak Sebagai Pemain Muda Potensial

Senin, 19 Februari 2018, CIES mempublikasikan daftar para pemain muda yang diklaim paling potensial. Para pemain ini usianya belum sampai 20 tahun, tapi memiliki penampilan yang sangat bagus. Daftar nama ini diambil dari pesepakbola yang berlaga di 22 kompetisi di Benua Biru.

 

Apakah indikator yang digunakan CIES dalam penilaian para pemain tersebut? CIES memantau secara ketat performa para pemain itu pada dua musim yang terakhir. Nah, pemain yang masuk pada daftar 10 peringkat tertinggi, maka berhak memperoleh predikat bintang lima.

 

Berkaitan dengan jam terbang bermainnya, tentunya durasi bermain setiap pesepakbola nyaris tidak ada yang sama. Sebab hal tersebut sangat tergantung dari level kompetisi di setiap liga. Termasuk juga hasil yang ditorehkan oleh setiap klub sepak bola yang diperkuatnya.

 

Nah, Donnarumma adalah pesepakbola yang beruntung berada di posisi puncak pada daftar pemain terbaik yang dirilis oleh CIES. Penjaga gawang ini baru berumur 18 tahun. Saat ini masih membela tim AC Milan. Pemain ini bisa mampu duduk di posisi puncak, berkat performanya yang sangat bagus.

 

Kiper Andalan AC Milan

Donnarumma selalu diandalkan sebagai pilihan utama, saat AC Milan menghadapi para rivalnya. Hal ini sudah terjadi sejak dirinya dipromosikan untuk tim utama di tahun 2015 silam. Gigio, sapaan akrabnya, dia sukses menorehkan 42 clean shett. Catatan itu diperolehnya selama mengikuti 127 pertandingan bersama AC Milan.

 

Selain pemain I Rossoneri ini, papan peringkat kedua dan seterusnya banyak didominasi para pemain yang berlaga di ajang Liga Inggris dan Liga Jerman. Masing-masing kompetisi itu mengirimkan tiga wakilnya sebagai salah satu pemain terbaik.

 

Karena performanya yang sangat apik, sangat wajar kalau Donnarumma juga menjadi incaran banyak klub sepak bola. Klub-klub yang ingin melamarnya, seperti Paris Saint Germain, Manchester United, Bayern Munchen, dan bahkan Real Madrid.

 

Tentunya sejumlah klub besar itu tidak sembarangan dalam merekrut pemain. Hal itu sebagai indikator kalau Donnarumma memang sangat layak dinobatkan sebagai pemain muda sangat berbakat. Sehingga prospek ke depannya sangat cemerlang. Akankah dia bisa bertahan lama di AC Milan, mengingat sangat banyak klub elit menginginkannya?

 

Menyusul di peringkat kedua diduduki oleh Alban Lafont dari klub Toulouse, ketiga adalah Kylian Mbappe dari AS Monaco tapi sedang dipinjamkan ke PSG, posisi ke empat Christian Pulisic dari Borussia Dortmund, peringkat ke lima Malang Sarr dari Nice, peringkat ke enam Dayot Upamecano dari RB Leipzig, peringkat ke tujuh Tom Davies dari Everton, posisi ke delapan Matthijs de Ligt dari Ajax Amsterdam, peringkat ke sembilan Kai Havertz dari Bayer Laverkusen, dan peringkat terakhir Ryan Sessegnon dari Fulham.

 

Tentunya tidak mudah seorang pemain dinobatkan sebagai pemain terbaik. Kemampuan dalam menepis terjangan bola dan berbagai upayanya dalam menggagalkan serangan lawan memang tidaklah sulit. Tetapi Donnarumma mampu mengerjakan tugasnya dengan sangat baik.

 

Wajar saja bila pujian juga selalu menyertainya. Usianya yang masih sangat muda, membuka peluangnya untuk terus belajar, dan menambah jam terbang. Sehingga performanya makin melejit dan tak mampu disamai oleh penjaga gawang lainnya

Category : Berita Sepakbola

Share Gianluigi Donnarumma Dinobatkan Sebagai Kiper Muda Terbaik

Facebook Google++ Print Twitter

Artikel Terkait